Tips Membuat Rumah Aman dari Kebisingan

Beberapa tips untuk membuat rumah Anda lebih aman dari kebisingan jalan:

1. Perbaiki dan Isolasi Jendela:

Pastikan jendela Anda ditutup rapat. Anda bisa memasang kaca ganda atau kaca laminasi untuk meningkatkan isolasi suara. Memasang peredam suara di sekitar jendela juga bisa membantu mengurangi kebisingan dari luar.

2. Pemilihan Material Dinding:

Pilihlah material dinding yang dapat menyerap suara, seperti batu bata, beton, atau panel akustik. Hindari material yang tipis atau ringan yang tidak menahan suara dengan baik.

3. Perhatikan Pintu:

Pastikan pintu Anda juga terbuat dari bahan yang tebal dan berat. Peredam suara atau penutup pintu juga bisa dipasang untuk membantu mengurangi kebisingan.

4. Tanaman Penyerap Suara:

Tanaman besar dan tebal dapat berfungsi sebagai hambatan alami untuk suara. Tanam tanaman di sekitar rumah Anda, terutama di bagian yang berdekatan dengan jalan.

5. Gubuk Suara:

Jika memungkinkan, Anda bisa membangun gubuk suara di area luar rumah Anda yang paling terkena dampak kebisingan. Gubuk suara dapat membantu menyaring suara dari jalan sebelum mencapai rumah Anda.

6. Perbaiki Keretakan:

Keretakan atau celah kecil di dinding atau jendela dapat memungkinkan suara dari luar untuk masuk dengan lebih mudah. Perbaiki keretakan tersebut untuk memastikan rumah Anda lebih kedap suara.

7. Gunakan Alat Bantu Dalam Ruangan:

Jika kebisingan dari luar tetap mengganggu, Anda bisa menggunakan alat bantu suara dalam ruangan seperti pemutar musik atau mesin putar suara alam untuk membantu mengalihkan perhatian Anda dari kebisingan luar.

8. Buat Ruang Hening:

Ciptakan ruang dalam rumah Anda yang bebas dari kebisingan, seperti ruang tamu atau ruang tidur. Gunakan material penyerap suara di ruangan ini dan hindari meletakkan perangkat elektronik yang berisik di dalamnya.

9. Pertimbangkan Penggunaan Tirai Berat:

Tirai berat dapat membantu menyerap suara dan menghalangi kebisingan dari luar. Pilih tirai dengan bahan yang tebal dan berat untuk meningkatkan isolasi suara.

10. Komunikasi dengan Pemerintah atau Pengembang:

Jika kebisingan jalan menjadi masalah serius, Anda dapat berkomunikasi dengan pemerintah setempat atau pengembang untuk mencari solusi jangka panjang, seperti peningkatan pembatas suara di sekitar jalan atau penataan ulang lalu lintas.